Sinkronisasi Kurikulum Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Bawang SMK dengan BPR Bank Surya Yudha

Pendidikan vokasi di Indonesia menjadi tumpuan dalam memberikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan vokasi pada peserta didik dalam menyongsong bonus demografi. Dunia pendidikan dan industri terus menjalin sinergi untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK yang siap kerja. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah sinkronisasi kurikulum SMK dengan kebutuhan industri. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kompetensi yang diajarkan di sekolah sesuai dengan tuntutan dunia kerja terkini.

SMK Negeri 1 Bawang telah melaksanakan kegiatan Sinkronisasi Kurikulum dengan DUDI (Dunia Usaha/ Dunia Industri) pada hari Kamis, 6 Juni 2024. Sinkronisasi dilakukan dengan BPR Bank Surya Yudha.

Istiqomah, S.Pd dari WKS Humas SMKN 1 BAWANG menyatakan, “Sekolah harus terus berbenah untuk selalu mengevaluasi diri apakah kurikulum yang dijalankan sudah sesuai dengan perkembangan di Dunia Usaha dan Dunia Industri. Sinergi antara SMK dan industri sangat penting untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Melalui sinkronisasi kurikulum, kami ingin memastikan bahwa materi pembelajaran di sekolah relevan dengan kebutuhan industri saat ini dan di masa depan.”

Sinkronisasi kurikulum ini bertujuan agar tercapai kesesuaian antara kompetensi dasar dalam Kurikulum SMK dengan kompetensi yang ada dalam DUDI dan sekaligus untuk pengembangan ATP, TP dan Modul Ajar kurikulum SMK. Selain pengembangan kurikulum dan kompetensi, juga perlu adanya pemetaan industri dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)/Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) bagi siswa. Kerjasama ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetensi guru dan kualitas tamatan sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *