Sinkronisasi Kurikulum Program Keahlian Teknik Elektronika SMKN 1 Bawang SMK dengan CV. Mataram Karya

Banjarnegara, 5 Juni 2024 – Dunia pendidikan dan industri terus menjalin sinergi untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK yang siap kerja. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah sinkronisasi kurikulum SMK dengan kebutuhan industri. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kompetensi yang diajarkan di sekolah sesuai dengan tuntutan dunia kerja terkini.

Istina Pujianti, S.Kom dari WKS Kurikulum SMKN 1 BAWANG menyatakan, “Sinergi antara SMK dan industri sangat penting untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Melalui sinkronisasi kurikulum, kami ingin memastikan bahwa materi pembelajaran di sekolah relevan dengan kebutuhan industri saat ini dan di masa depan.”

Proses sinkronisasi kurikulum melibatkan berbagai pihak, antara lain adalah DUDIKA yang pada kesempatan kali ini menggandeng CV. Mataram Karya Yogyakarta. Program Keahlian Teknik Elektronika SMKN 1 Bawang dan CV. Mataram Karya bekerja sama untuk mengidentifikasi kompetensi yang dibutuhkan oleh industri dan kemudian memasukkannya ke dalam kurikulum SMK.

Yossy Ariyanto, S.Pd. dari CV. Mataram Karya menyambut baik upaya sinkronisasi kurikulum ini. “Industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru khususnya untuk Program Keahlian Teknik elektronika SMKN 1 Bawang. Oleh karena itu, kami sangat mendukung upaya sinkronisasi kurikulum ini,” ujarnya.

Sinkronisasi kurikulum SMK dengan industri diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang lebih siap kerja dan mengurangi pengangguran. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan daya saing bangsa di era globalisasi.

Beberapa manfaat sinkronisasi kurikulum SMK dengan industri:

  1. Meningkatkan kualitas lulusan SMK yang siap kerja.
  2. Mengurangi pengangguran.
  3. Meningkatkan daya saing bangsa di era globalisasi.
  4. Memperkuat hubungan antara SMK dan industri.
  5. Meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
  6. Sinergi antara SMK dan industri diharapkan dapat terus terjalin untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap membangun bangsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *