PEMILIHAN KETUA & WAKIL KETUA OSIS SMKN 1 BAWANG MASA BAKTI 2020/2021

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau sering disebut dengan OSIS merupakan salah satu wadah untuk siswa agar dapat berkarya lebih demi kemajuan organisasi dan juga sekolah.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS selalu semarak dan menjadi sebuah pesta demokrasi yang selalu dinanti. Walaupun pandemi tengah melanda, hal ini tidak menjadi kendala, karena Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS diadakan secara online. Pada Senin, 21 Desember 2020 OSIS SMKN 1 Bawang menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dengan mengambil tema “Sinergi Pemimpin Integritaskan Organisasi”.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dimulai pukul 09.30 WIB melalui live streaming Youtube Multimedia SMKN 1 Bawang, diawali dengan Sosialisasi Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dan video kampanye serta orasi dari masing- masing calon. “Kampanye dari masing- masing kandidat sudah dilakukan jauh- jauh hari melalui pamflet dan juga video promosi”, ungkap Azizah Nurlaeli, Ketua OSIS SMKN 1 Bawang Masa Bakti 2019/2020.

Pada tahun ini terdapat 3 Kandidat Ketua & Wakil Ketua OSIS yang terdiri dari :

  • Kandidat No. Urut 1 = Ayyash & Rama
  • Kandidat No. Urut 2 = Delia & Senly
  • Kandidat No. Urut 3 = Sofi & Safrinka

Sebelum dilakukan pemilihan kandidat, diadakan seleksi terlebih dahulu oleh dewan pemilihan dari Pengurus OSIS & MPK SMKN 1 Bawang Masa Bakti 2019/2020. Kemudian dilaksanakan seleksi lanjutan dengan seluruh Pembina OSIS dan MPK guna menguji kualitas pemimpin yang benar- benar mampu bersinergi untuk organisasi dan sekolah. Karena dengan sinergi pemimpin dapat terwujudlah integritas organisasi yang sesungguhnya.

Selanjutnya untuk mengukur potensi yang dimiliki oleh masing- masing kandidat dilakukan “Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMKN 1 Bawang Masa Bakti 2020/2021”.

Debat kandidat ini sebagai sarana untuk saling menyampaikan pendapat antar kandidat untuk menunjukkan potensi yang dimiliki dan sebagai tolak ukur atau dasar pertimbangan dalam Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS.

Dengan menunjukkan potensi yang ada pada diri masing- masing kandidat diharapkan dapat lebih menguatkan citra kandidat sehingga dianggap mampu dan siap bersaing. Sehingga pada saat terpilih benar- benar dapat mengemban tugas dan tanggungjawab dengan baik.

Dalam acara ini, terdapat pula sambutan Ibu Widiastuti, M.M yang menyampaikan ajakan untuk Warga SMK Negeri 1 Bawang tidak golput dalam melakukan pemilihan.

Kemudian untuk media pemungutan suara menggunakan aplikasi Be-Vote yang merupakan karya dari siswa kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dengan adanya aplikasi ini, seluruh warga SMKN 1 Bawang dapat melakukan pemilihan secara online dengan mudah, karena situs yang mudah dijangkau dan juga penggunaan aplikasi yang sangat mudah dipahami. Langkah penggunaannya pun tidak rumit, pemilih akan diberikan username dan password untuk mengakses aplikasi pemungutan suara tersebut.

Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS SMK Negeri 1 Bawang Masa Bakti 2020/2021, tingkat partisipasi peserta cukup tinggi. Berdasarkan catatan panitia 1,882 suara masuk dan kandidat nomor urut 1 : Ayyash & Rama berhasil terpilih sebagai Ketua & Wakil Ketua OSIS SMKN 1 Bawang Masa Bakti 2020/2021 dengan perolehan 911 suara.

Dengan demikian tentu pelaksanaan Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS sudah cukup baik dengan tetap mengutamakan pencegahan COVID-19. Sehingga diharapkan momentum Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS bisa dijadikan ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi teman-teman siswa-siswi SMKN 1 Bawang, dan juga sebagai penegasan bahwa politik sebenarnya bukan hal yang tabu untuk dibahas dan dipraktikan. Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIS tahun ini juga sebagai ajang regenerasi yang nantinya dapat memberikan trobosan-trobosan cemerlang untuk memajukan SMKN 1 Bawang.

#skansanesia
#smkbisa
#smkhebat
#baraschool
#banjarnegara
#jawatengah
#KamiVokasi
#SMKBisa
#SMBKHebat
#SMKBisaHebat
#VokasiKuatMenguatkanIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.