SMK Negeri 1 Bawang juara Lomba Aksi BAF 2017

Diposting pada: 2017-05-02, oleh : SMK N 1 Bawang, Kategori: Prestasi Sekolah

Tanggal 30 dan 31 Maret 2017, tepatnya hari Kamis dan Jum'at Bukit Asam Foundation mengadakan acara Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI) untuk pertama kalinya. Dengan perjalanan dan proses yang cukup panjang, dari pendaftaran sampai pengumuman pemenang, akhirnya Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI) tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Pembukaan acara tersebut dilaksanakan di SMA Bukit Asam sampai malam anugerah di Rec Hall Bukit Asam Base Camp.
 
Dimana Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI) Bukit Asam Foundation (BAF) 2017 adalah kompetisi pembuatan aplikasi edukasi berbasis web tingkat nasional yang dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori pelajar dan kategori mahasiswa/umum. Tema kegiatan yaitu “Digital School : Smart Innovation for Better Future Bukit Asam Foundation”.
 
Kompetisi ini bertujuan untuk menyalurkan ide dan kreatifitas para pemuda di Indonesia sehingga dapat mengembangkan aplikasi yang memberi kemudahan serta meningkatkan kenyamanan di bidang akademis. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi pemuda untuk terus mengembangkan digital school.
 
Dari puluhan pendaftar seluruh provinsi di Indonesia. Hanya 15 Finalis/ Tim yang lolos untuk di presentasikan aplikasinya di depan juri dan mempamerkan aplikasinya ke semua sekolah tingkat SMP, MTs, SMA & SMK Sederajat di ada Kab. Muara Enim.
 
Pembukaan acara Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI) dilaksanakan di SMA Bukit Asam, acara tersebut dihadiri oleh :
1. Bpk Muzakar, M.Pd, selaku Kadin Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Muara Enim
2. Bpk M. Alwi, selaku Manager IT di PT. Bukit Asam (Persero), Tbk
3. Bpk H. Anipar dan H. Amiruddin Safuan, SH, selaku Pengurus Yayasan Bukit Asam
4. Bpk Yuhendri Wisra, selaku Direktur Utama PT. Bukit Asam Kreatif
5. Kepala SMA, SMK & PAUD Antrasita Bukit Asam dan lain - lain.
 
Pembukaan acara tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia, dimana ketua panitia menyampaikan Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI) merupakan perjalanan yang cukup panjang, dari puluhan pelajar, mahasiswa dan umum ikut untuk mendaftar dalam ajang kompetisi ini. Dimana dari puluhan pelajar, mahasiswa/umum disini sudah kita tentukan dan nilai yang berhak lolos mempresentasikan aplikasinya di hadapan juri, terpilihlah  ada 15 finalis/Tim di seluruh Indonesia. Tujuan digelarnya acara tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan di bidang IT. sehingga semua pekerjaan bisa dengan cepat dikerjakan, tidak secara manual lagi dan memakan waktu lama untuk mengerjakannya (Kata Robby Ziamoni, selaku Ketua Panitia)
 
Selanjutnya acara tersebut disampaikan oleh Pengurus Yayasan Bukit Asam dalam hal ini diwakilkan oleh Bpk. H. Anipar. Dimana Pengurus Yayasan Bukit Asam menyampaikan acara Lomba Aplikasi Edukasi ini baru pertama kalinya kita gelar di Yayasan Bukit Asam, dengan banyaknya tingkatan dan minat anak - anak didik di bidang IT, maka kami mengadakan acara Lomba tersebut. Dimana dalam acara tersebut, anak - anak didik bisa mengenali lebih dalam apa - apa pelajaran yang ada di bagian IT. Dan sehingga semua informasi tidak sulit untuk kita  dapatkan.
 
Selanjutnya kata sambutan disampaikan oleh Bpk M. Alwi selaku Manager IT di PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. Dimana Pak Alwi tersebut menyampaikan untuk pemahaman dan pengenalan IT di daerah kita ini masih sangat rendah. Saya sangat bangga Bukit Asam Foundation mengadakan acara tersebut, sehingga banyak anak - anak didik yang paham dan mengenal IT. Jurusan IT ini banyak ditakuti oleh semua pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Setelah saya pahami ternyata pelajaran bidang IT itu sangat mudah untuk di pahami lebih dalam. Pak Alwi juga menjelaskan dan memberikan informasi, bahwa banyak aplikasi - aplikasi yang ada di PT. Bukit Asam (Persero), Tbk yang sudah ada Play Store. Disana kalian bisa lihat dan mendownload aplikasi tersebut untuk dipelajari dan dikembangkan.
 
Untuk hari pertama, hari Kamis tanggal 30 Maret 2017 semua finalis Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI) mempresentasikan aplikasinya di hadapan juri, juri yang hadir dan menilai ada 5 orang. Diantaranya :
1. Dedi Syamsuar, M. Kom., Phd (Dosen Teknik Informatika, Universitas Bina Darma)
2. Ikhwani Maris (Staff IT di PT. Bukit Asam (Persero), Tbk
3. Satria Wiryawan (Karyawan di PT. Bukit Asam (Persero), Tbk
4. Astari Larasati (Staff IT di PT. Bukit Asam (Persero), Tbk
5. Shinta Anggraini (Staff IT di PT. Bukit Asam (Persero), Tbk
 
Dengan 5 juri yang hadir dan menilai, mereka paham dan mengerti di bagian IT. Sehingga semua finalis banyak yang deg degan, gugup untuk mempresentasikan aplikasinya. Alhmadulillah akhirnya berjalan dengan lancar. Presentasi dilaksanakan di Aula SMK Bukit Asam.
 
Proses Persentasi Aplikasi di hadapan Juri
Aula SMK Bukit Asam
 
Untuk hari kedua, hari Jum'at tanggal 31 Maret 2017 semua finalis memamerkan atau mempromosikan aplikasinya ke semua sekolah SMP, MTs, SMA dan SMK sederajat yang ada di Kab. Muara Enim. Pameran aplikasi tersebut dilaksanakan di Aula SMA Bukit Asam, semua anak - anak didik tingkat SMP, MTs, SMA dan SMK yang ada di Kab. Muara Enim mengahadiri pameran aplikasi tersebut. Para undangan berhak memberikan satu lambang smile yang sudah disiapkan oleh panita, dimana semua undangan berhak memilih salah satu aplikasi yang menurut mereka paling bagus. Hasil tersebut akan kita hitung diakhir pameran, dimana yang paling banyak mendapatkan lambang smile akan menjadi juara Favorit dalam ajang kompetisi ini, akan diumumkan malam anugerah. Pameran tersebut dilaksanakan sampai jam 11.00 WIB.
 
Pameran Aplikasi di Aula SMA Bukit Asam
 
Setelah sholat jum'at dan makan siang, semua finalis dan panitia mengunjungi tambang PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. Kunjungan tersebut pukul 13.00 s/d 15.00 WIB. Dimana semua finalis menikmati suasana tambang yang ada di Tanjung Enim, khusunya tambang PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. Kunjungan ke tambang tersebut didampingi oleh Kepala SMA Bukit Asam (Dra, Hj. Nurbaiti, M.M)
 
Kunjungan ke Tambang PT. Bukit Asam (Persero), Tbk

Dengan tahapan dan proses yang cukup melelahkan, pada malam harinya kita mengadakan "Malam Anugerah" dimana malam tersebut merupakan malam pengumuman pemenang lomba Aplikasi Edukasi (AKSI) dan acara hiburan. Dimana acara "Malam Anugerah" tersebut dihadiri oleh :
1. Ibu Shinta Paramitha dkk
2. Bpk M. Bagir selaku SM. IT PT. Bukit Asam (Persero), Tbk
3. Bpk Dedi Syamsuar, M. Kom, P.hd selaku Juri Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI)
4. Bpk Yuhendri Wisra dan Yusri Antoni selaku Direktur Utama dan Direktur PT. BA Kreatif
5. Kepala dan Waka SMA, SMK dan PAUD Antrasita Bukit Asam
Panitia sudah menilai hasil dari presentasi aplikasi tersebut, sehingga kita sudah memiliki siapa - siapa yang akan menjadi juara dalam ajang kompetisi ini. Sebelum mengumumkan hasil para juara, disini ada wejangan sedikit dari Bpk Dedi Syamsuar selaku Juri Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI) dimana semua finalis sudah bisa membuat program dengan bahasa pemrograman PHP, Yii Framework dll, saya harapkan program yang kalian buat itu bisa dikembangkan lagi. Lallu ada wejangan dari Bpk M. Bagir selaku SM. IT PT. Bukit Asam (Persero), Tbk, saya merasa bangga dimana anak - anak didik sudah bisa membuat aplikasi dan mengenal bahasa pemrograman, dan saya bangga sekali Bukit Asam Foundation sudah melaksanakan acara tersebut, sehingga nanti ada AKSI berikutnya. Program ini jangan pudar dan silakan diteruskan.
Telah didapatkan dan diumumkan para juara tingkat pelajar, mahasiswa dan umum aplikasi tersebut diantaranya :
Untuk tingkat Pelajar :
1. SMK Negeri 1 Bawang
2. SMK Negeri 2 Padang
3. SMK Panca Bhakti Banjarnegara
4. SMK Negeri 2 Padang (Juara Favorit)
 
Untuk tingkat Umum/Mahasiswa :
1. Institut Teknologi Bandung
2. Universitas Putra Indonesia Cianjur
3. Universitas Bina Nusantara
 
4. Universitas Brawijaya (Juara Favorit)
 
Foto Bersama Para Pemenang Lomba Aplikasi Edukasi (AKSI)
Tingkat Pelajar, Umum/Mahasiswa
 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
265552 Total Hits Halaman
49400 Total Pengunjung
312 Hits Hari Ini
41 Pengunjung Hari Ini
6 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id