CVOTE, Karya Siswa SMK Negeri 1 Bawang digunakan di SMP Negeri 1 Wanadadi

Diposting pada: 2017-02-06, oleh : SMK N 1 Bawang, Kategori: Lain-lain

Aplikasi Pemilihan Suara berbasis Android, CVote karya siswa SMK Negeri 1 Bawang, yaitu Awal Nurahmat dkk. digunakan pada Pemilihan Ketua OSIS di SMP Negeri 1 Wanadadi. Berikut posting beritanya yang diambil dari SATELITPOST :

 

WANADADI, SATELITPOST-SMP Negeri 1 Wanadadi, menerapkan Computer Voting atau C-Vote saat pemungutan suara pemilihan ketua OSIS, Sabtu (21/1) lalu. Dengan mengadopsi teknologi komputer, pemungutan suara di sekolah ersebut tidak lagi membutuhkan lampiran surat suara untuk penghitungan hasilnya.
Kepala SMPN 1 Wanadadi, Adwi Prayitno mengatakan, model tersebut diadopsi dari SMKN 1 Bawang yang sudah terlebih dahulu sukses menerapkan c-vote saat pemungutan suara Pilketos.


"Pemilih memberikan suaranya melalui android, dengan memasukkan nomor id dan password. Lebih akurat, simple dan cepat diketahui hasilnya karena sistemnya online dengan server," katanya, Sabtu (21/1).


Menurut dia, pemungutan suara menggunakan c-vote baru diterapkan di SMKN Bawang dan SMPN 1 Wanadadi. Sistem tersebut, sangat irit biaya karena tidak menggunakan kertas untuk surat suara dan kelengkapan lainnya. Selain itu, sistem tersebut sangat akurat karena jumlah pemilih otomatis terkurangi dengan jumlah suara yang masuk.
"Memang masih ada beberapa kendala, menyangkut pengetahuan seseorang saat memegang android. Namun, jika sudah dibiasakan, tentu akan lebih cepat. Ini jadi pembelajaran pemilu modern bagi dunia pendidikan tentunya," katanya.


Ketua panitia Pilketos, Adillah Fahma Putri mengatakan, pelaksanaan pemilihan tersebut melalui serangkaian proses layaknya pemilihan kepala daerah. Sebelum pemungutan suara, para pasangan calon diberikan kesempatan untuk memaparkan visi-misi atau kampanye tertutup maupun terbuka, kepada teman-teman di sekolahnya.
"Jumlah pemilih sebanyak 703 pemilih, terdiri dari semua siswa ditambah guru dan karyawan," katanya.


Awal Nurahmat, Siswa SMKN Bawang yang menciptakan c-vote bersama beberapa temannya mengatakan, semua pemilih dimasukkan dalam website server dan by name akan mendapatkan nomor id sekaligus password yang harus dimasukkan saat memberikan suaranya.


"Pemilih dapat satu kali kesempatan untuk memilih. Jika alat vote banyak, proses pemungutan suara akan lebih cepat diselesaikan dan bisa segera diketahui hasil pemilihannya," katanya.(gatotgat@yahoo.com).

Sumber Berita: http://satelitnews.co/berita-pemilihan-ketua-osis-berbasis-aplikasi-android-di-smpn-1-wanadadi.html#ixzz4Xhaqsphf

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
265567 Total Hits Halaman
49400 Total Pengunjung
327 Hits Hari Ini
41 Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id