SMK Negeri 1 Negeri 1 Bawang Meraih Juara 2 FIKSI

Diposting pada: 2017-08-17, oleh : SMK N 1 Bawang, Kategori: Prestasi Sekolah

 

Prestasi gemilang ditorehkan dua siswa SMKN 1 Bawang Banjarnegara yang berhasil menjadi juara II Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tingkat nasional tahun 2016.

Waka Humas SMK Negeri 1 Bawang mengatakan “Ini prestasi yang cukup membanggakan, karena ajang ini diikuti oleh ribuan karya dari berbagai penjuru nusantara. Karya siswa ini juga akan segera diaplikasikan di sekolah saat pesta demorkasi siswa mendatang.”

Dua siswa beprestasi SMKN 1 Bawang ini adalah Awal Nurahmat Deriyanto dan Agung Kurniawan Saputra didampingi dengan pembina Fauzan Mahanani, S.Pd. Mereka melaju ke tingkat nasional setelah berhasil melalui berbagai tahapan seleksi.

Ada tiga bidang yang diperlombakan dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Nasional 2016 adalah cipta karya kreasi software, marketing dan iklan layanan masyarakat, serta bidang produk inovasi.

Karya siswa yang diikutkan dalam lomba FIKSI ini adalah C-Vote (Computer Voting). Dimana aplikasi sofware ini dapat digunakan sebagai pemilihan suara pada pemilihan umum. Dalam aplikasi ini, para pemilih yang sudah terdaftar cukup menggunakan hak pilihnya melalui undrid atau perangkat lain, semengara computer berfungsi sebagai server.

 “Nantinya pemilih masuk dengan menggunakan NIK dan password, setelah itu akan muncul pilihan. Cara ini juga dapat menghemat biaya yang cukup besar, khususnya biaya cetak surat suara dan kertas lainnya,” tambahnya.

Dikatakannya, model ini juga pernah diaplikasikan dalam pemiilihan ketua OSIS di SMK Negeri 1 Bawang tahun lalu, bedanya dulu menggunakan hak pilih masih dengan komputer, saat ini sudah bisa dengan aplikasi android. Sehingga pemilih yang sudah terdaftar dapat menggunakan hak pilihnya dimana saja saat pelaksanaan pemilihan suara.

“Tahun ini kita akan aplikasikan di sekolah saat pemilihan ketua OSIS, jurusan akan kami jadikan sebagai KPU tingkat provinsi, kabupaten, dan kelas sebagai TPS,” ujarnya.

Aplikasi ini juga menjadi berkesinambungan dengan program e-KTP yang digencarkan oleh pemerintah. Artinya, masyarakat yang tidak memiliki e-KTP tidak dapat menggunakan hak pilihnya.

Dari ratusan tim yang mengikuti lomba, panitia telah memilih 15 finalis untuk tiap bidang lomba. Seluruh finalis yang berjumlah 45 tim, diberi kesempatan melakukan presentasi dan gelar expo di hadapan juri di Bandung sejak 21 September.

Dari data panitia, nama Awal Nurahmat Deriyanto dan Agung Kurniawan Saputra dari SMK Negeri 1 Bawang keluar sebagai juara II tingkat nasional.

“Software karya kedua siswa itu digunakan untuk membantu para pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. Ini tentu bermanfaat untuk banyak hal positif,” ujarnya

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
265565 Total Hits Halaman
49400 Total Pengunjung
325 Hits Hari Ini
41 Pengunjung Hari Ini
3 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id