Mekatronika Skansa bermuara ke Robotics

Diposting pada: 2016-01-27, oleh : SMK N 1 Bawang, Kategori: Informasi Sekolah

Jurusan baru yang berdiri sejak tahun 2014 tak menutup kemungkinan untuk menghasilkan karya yang inovatif. Sebenarnya secara tidak sadar karya Mekatronika itu sudah banyak sekali ditemui di sekeliling kita, misalnya dispenser, magic com, pompa air dan lain-lain. Karena jurusan ini masih baru jadi proses pembuatan karyanya juga baru dimulai. Untuk kerja bengkel,siswa kelasX baru-baru ini membuat setengah jadi sound speaker aktif,sedangkan siswa XI membuat sebuah lengan robot link two degree of freedom. Robot ini merupakan adopsi dari tangan manusia namun belum memakai rangkaian elektronik dan masih memakai adaptasi pneumatik dan hidrolik yang menggunakan media suntikan bekas atau baru yang difungsikan sebagai hidroliknya dengan memanfaatkan air dan udara sebagai pengendalinya. Tujuan pembuatannya adalah untuk mengasah vocational skill dan menghasilkan suatu produk yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran, Mekatronika sudah memiliki beberapa alat praktik yang luar biasa untuk ukuran jurusan baru misalnya robot Drone, dan bertambah satu lagi sebuah robot yang dibeli langsung dari Korea, robot ini bernama Robot Bioloid Premium. Bioloid merupakan sebuah robot yang sudah mengadopsi gerakan tubuh manusia. Di sisi lain robot ini juga dapat dibentuk menjadi beberapa bentuk yang berbeda diantaranya robot Humanoid, Tarantula, Dinosaurus dan Anjing.

Dalam pembuatan karya tersebut siswa diharapkan mampu mendapatkan keahlian teknik, selain dari sisi akademik.Karya yang dihasilkan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, yang selanjutnya dapat digunakan untuk adik kelas. Tentunya perlu digaris bawahi karya ini tidak hanya untuk menghasilkan nilai wasaja namun diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pemakainya. Karya ini nantinya akan dievaluasi dan ditingkatkan kualitasnya, agar kedepannya menjadi suatu produk unggulan.

Dalam pembuatan karya tersebut tentunya ada beberapa kendala yang ditemui, misalnya saja dari kendala konsep dan biaya. Pembuatan karya dilakukan dikelas dan dirumah siswa serta yang terlibat dalam proses pembuatan karya yaitu dari siswa sendiri dan bantuan orang lain misalnya tukang ataupun orang tua, namun untuk bagian sistemnya masih dibantu oleh guru Mekatronika.

Inspirasi untuk pembuatan karya itu sangat banyak, Mekatronika merupakan ilmu baru di bidang industri. Sebenarnya Indonesia memang belum siap untuk jurusan Mekatronika, kita sendiri masih mengacu pada Negara asing yaitu German, Jepang dan Amerika yang sudah lebih tau mengenai dunia robot. Dunia pendidikan di Indonesia yang membuka jurusan Mekatronika masih bisa dihitung dengan jari.

Rencana kedepannya Mekatronika ingin bekerjasama dengan jurusan Busana Butik untuk desain baju robot Humanoid, robot ini akan diprogram dengan konsep gerak tari yang dapat bergerak didalam area seluas 1 meter x1 meter. Rencana lain yang ditargetkan adalah membuat sensor kehidupan sehari-hari misalnya lampu jalan dan pompa air yang pengoperasiannya secara otomatis.

Ternyata seru dan keren karya-karya yang akan dihasilkan dari mekatronika ya... Nah berikut ini ada pesan nih buat kalian, jangan pernah ragu untuk berkarya dan untuk menuangkan ide-ide kreatif yaa pokoknya semangat buat sobat semuanya.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
265546 Total Hits Halaman
49400 Total Pengunjung
306 Hits Hari Ini
41 Pengunjung Hari Ini
6 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id