SKANZA MBEKAYU

Diposting pada: 2016-09-30, oleh : SMK N 1 Bawang, Kategori: Lain-lain

Biodata Mbekayu Skanza

Nama                                        : Julistia Nuraningsih

Kelas                                        : XI Akuntansi 3

Tempat, tanggal lahir                  : BNA, 5 Juli 1998

Alamat                                      : Banjarmangu Rt 01 Rw 01

Anakdari                                   : Bapak Nursasi

 

Kali ini kita akan menggali pengalaman sang peraih juara Lomba Kakang Mbekayu Banjarnegara.

Gadis jangkung yang kerap dipanggil Julis ini terpilih untuk mewakili SMK N 1 Bawang untuk mengikuti lomba Kakang Mbekayu Banjarnegara, bersama Febriantoro, Haris, dan Amel. Pada awalnya Julis hanya dihubungi oleh guru untuk datang ke sekolah untuk mengikuti pelatihan dalam rangka persiapan lomba tersebut. Ia diberi pelatihan berupa materi tentang Kepribadian, Ngadi Salira Ngadi Busana, Kepariwisataan dan Budaya, Pengetahuan Umum, Bhs. inggris, Bhs.indonesia, dan Bhs. jawa.

Awalnya ia tidak mengerti seperti apa Kakang Mbekayu dan apa saja yang harus dipelajari. Ia mencari materi tentang Kakang Mbekayu di internet.  Meskipun Julis ini anak berprestasi, ia menuturkan bahwa saat mendapat pelatiahan Julis juga mengalami kesulitan. “Kepribadian adalah materi yang susah, karena saya diharuskan untuk berlatih berjalan menggunakkan sepatu hight hills yang saya pun tidak terbiasa memakainya”. Sebelum lomba ia mendapat meeting pada tanggal 3 Oktober 2015 di Saung Bu Mansur. Saat itu Julis sempat nervous karena saat meeting dijelaskan bahwa syarat untuk menjadi seorang Kakang Mbekayu harus memiliki tinggi 160 (untuk putri) dan 165 (untuk putra) serta fasih berbahasa inggris. Julistia sempat ingin mundur dari perlombaan tersebut tapi dari hari ke hari pembinadan orang tuanya memotivasinya. Ia pun termotivasi untuk membanggakan orang-orang yang mendukungnya. 

Untuk menjadi Mbekayu Banjarnegara ia harus mengikuti karantina dari tanggal 7-10 Oktober 2015. Saat karantina ia sangat dilatih untuk disiplin waktu. Ia sudah merasa ada rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang terbentuk di karantina. Setiap hari ia digembleng untuk mengikuti peraturan yang ada di karantina. Semua calon finalis di test sesuai ketentuan lomba. Pertama mereka di test tertulis yang mencakup materi tentang pariwisata di Banjarnegara. Tahap kedua merupakan test wawancara yang mengaharuskan para finalis untuk memberikan pernyataan tentang pengetahuan umum, misal tentang pergaulan bebas. Tahap-tahap ini juga menentukan siapa saja yang akan maju sebagai finalis dan yang diharuskan pulang. Julis sangat bersyukur karena ia terpilih sebagai finalis 10 besar Kakang Mbekayu Banjarnegara. Tahap demi tahap dilalui dan akhirnya tahap terakhir yang menyisakan tiga finalis yang salah satunya adalah Julistia Nuraningsih.

Saat yang ditunggu telah tiba. Saat dimana semua pelatihan selama karantina dipertanggungjawabkan saat hari-H, hari terakhir di karantina. Julis seperti layaknya manusia, ia pun merasa grogi dan nervous, karena lawannya pun memiliki kemampuan yang sangat bagus. Namun ia tidak menyerah, ia teringat dengan motivasi pembimbing dan orang tuanya. Ia berambisi untuk membanggakan orang-orang yang memotivasinya. Ia mengikuti lomba dengan lancar sampai akhir acara. Saat puncak acara, diumumkan juara-juara lomba tersebut. Ternyata Julistia Nuraningsih meraih Juara 3 Lomba Kakang Mbekayu Banjarnegara. 

Ia beranggapan meskipun ia tidak mendapat juara 1 ia merasa sudah dapat membanggakan orang-orang terdekatnya. “Menurut saya jangan terobsesi untuk mendapat juara 1 tapi kita harus melakukan yang terbaik untuk membanggakan orang yang sudah mempercayakan kita, dan melakukan apapun untuk sesuatu yang baik. Untuk para adik kelas atau siapapun yang akan menjadi penerus Kakang Mbekayu Banjarnegara pokoke harus siapin materi dari awal, belajar tentang semua yang ada di Banjarnegara tentang Pariwisatanya, kebudayaannya dan harus bisa berbahasa inggris lho kawan..” . itulah pesan dari Julistia Nuraningsih. 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • Petrus Dwijoko
    2011-11-30

    Waduh, dulu disekolah saya ga ada perpustakaan mas

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
265545 Total Hits Halaman
49400 Total Pengunjung
305 Hits Hari Ini
41 Pengunjung Hari Ini
6 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id