Siswa SMK N 1 Bawnag Nonton Bareng Film G30S PKI

Diposting pada: 2017-10-02, oleh : SMK N 1 Bawang, Kategori: Agenda Sekolah

BANJARNEGARA,BBN-Para pelajar SMKN 1 Bawang, menggelar nonton bareng film G30S/PKI di gedung olahraga sekolah tersebut pada Jumat (29/9). Nonton bareng tersebut dilakukan hasil kerjasama dengan jajaran TNI Koramil Bawang dan Kodim 0704 Banjarnegara.
Kepala Sekolah SMKN 1 Bawang Purwanto melalui Wakil Kepala Sekolah Farikha mengatakan, pemutaran film G30S/PKI ini dilakukan untuk mengenalkan para siswa akan sejarah kelam bangsa Indonesia, tak hanya itu melalui film ini juga diharapan para siswa lebih menghargai para pahlawan negeri ini.
“Digelarnya pemutaran film ini untuk mengingatkan kembali mengenai pembunuhan para pahlawan perjuangan,” katanya.
Menurutnya, saat ini banyak generasi muda yang sudah tidak mengenal tentang sejarah kelam bangsa ini. Melalui Nobar ini, dia berharap akan tumbuh jiwa partiot dan nasionalisme para siswa serta tetap menjadi benteng akan keutuhan NKRI.
“Tujuannya untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Semoga Bangsa kita ini tidak lagi mengalami pemberontakan dan pengkhianatan seperti di masa lalu,” katanya.
Selain menggelar nobar film G 30S PKI, sekolah ini juga menggelar upacara bendera pada Minggu (1/10). Pelaksanaan upacara ini dilakukan di halaman sekolah dan diikuti oleh seluruh siswa, guru dan karyawan sekolah.
Dalam sambutannya, kepala SMKN 1 Bawang Purwanto mengatakan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merujuk peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang menewaskan sejumlah petinggi TNI (dahulu ABRI) Angkatan Darat, yakni Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI R Suprapto, Mayjen TNI MT Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI DI Panjaitan, dan Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo. Dalam insiden itu, ajudan Jenderal TNI AH Nasution, Lettu Pierre Tendean, serta putri Nasution, Ade Irma Suryani Nasution, juga tewas terbunuh.
“Ini menjadi rangkaian dari pemahaman sejarah pada siswa, mulai dari serangan G30S PKI hingga hari kesaktian pancasila. Saya berharap dengan peringatan ini, para siswa lebih menghargai dan menghormati jasa para pahlawan, sehingga siswa lebih memiliki semangat patriotisme dalam menjaga keutuhan NKRI,” katanya. (oel)
Repost : 
http://beritabanjarnegara.com/2017/10/02/siswa-smkn-1-bawang-nobar-g-30-s-pki/
 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
265580 Total Hits Halaman
49400 Total Pengunjung
340 Hits Hari Ini
41 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id